Aplikasi Komputer dalam Akuntansi

Dalam seiring berjalannya waktu, dunia teknologi didunia sangat berjalan dengan pesat. Dari yang dahulu hanya dapat dikerjakan secara manual sekarang dapat dikerjakan dengan komputer yang dibantu oleh aplikasi aplikasi yang telah disediakan atau dapat didownload secara gratis. Perkembangan teknologi khususnya dalam informasi dan komunikasi memacu perkembangan akuntansi salah satunya dapat di implementasikan secara langsung dalam aplikasi komputer akuntansi , misalnya : MYOB, Zahir Payroll, DacEasy, Simply Accounting, General Ledger, Acc Pac, Peachtree, dll.

            Myob dan Zahir merupakan aplikasi yang di desain untuk memepermudah seorang accounting dalam membuat sebuah laporan keuangan, dalam aplikasi ini MYOB (Mind Your Own Bussines) merupakan software akuntansi buatan Australia. Software ini banyak sekali digunakan di Indonesia, bahkan telah menjadi materi wajib bagi siswa SMK atau mahasiswa perguruan tinggi Akuntansi, lembaga kursus khususnya untuk materi komputer Akuntansi. Myob ini banyak memiliki versi ada yang 13, 17, 19. Pada umumnya pendidikan atau perusahaan yang ada di indonesia menggunakan versi 13 dan kelebihannya sebagai berikut:

a.   Mudah dipahami karena disertai gambar dan ikon yang menunjukkan siklus akuntansi.

b.   Didukung multi user dengan hak dan fungsi yang berbeda untuk setiap user.

c.   Tersedia fasilitas edit formulir (faktur, bukti kas) sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan perusahaan.

d.   Terintegrasi dengan Microsoft Office sehingga mudah digunakan dalam editing dan modifikasi data atau  laporan.

e.   Fitur dan fungsi sangat lengkap, seperti reminder utang-piutang, surat tagihan, payroll bahkan mendukung fungsi Email sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

f.   Cocok untuk segala jenis usaha baik skala kecil, multi departemen dan multi proyek.

g.   Mudah dalam perawatan database dan backup data.

Kelemahannya :

a.   Dalam versi 13, digit angka yang tampil dalam MYOB hanya 11 digit (99 miliar), lebih dari 11 digit laporan harus di ekspor ke Excel agar semua angka bisa dilihat. Hal ini tentu mengurangi tingkat efisiensi kinerja perusahaan tersebut.

b.   Meski telah Multi user, tetapi tidak bisa digunakan secara bersamaan.

c.   Format neraca masih menggunakan standar Australia. Neraca yang ditampilkan adalah Aset – Kewajiban = Net Asset (Modal)

d.   Belum mendukung multi currency (mata uang).

Zahir Accounting adalah software akuntansi keuangan terbaik, penuh inovasi yang sangat berbeda dengan software akutansi lain. Zahir Accounting Software disebut “business management software. Adapun kelebihan dari Zahir Accounting sebagai berikut :

1.   Mudah digunakan oleh non akuntan karena sudah disediakan formulir khusus untuk menginput semua transaksi umum dalam perusahaan seperti transaksi keluar atau masuk kas, pembelian, penjualan, piutang dan sebagainya.

2.   Desain user interface (tampilan)  menarik dan mudah dipahami karena struktur menu dan icon berupa gambar yang sederhana dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3.    Faktur dan laporan dapat didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan serta disertakan berbagai variabel data dan fungsi matematika yang dapat digunakan langsung.

4.   Laporan dapat dikirim via email dan diexport ke berbagai format. Mengirim laporan menggunakan email sangan mudah, cukup membuka laporan yang diinginkan kemudian klik tombol Send Email. Zahir Accounting juga dapat mengexport data dengan tampilan yang sama persis dengan tampilan pada Zahir Accounting.

5.   Menggunakan database client server sehingga menjadi lebih handal untuk menangani data besar, volume transaksi yang sangat tinggi dan tingkat keamanan data sangat tinggi.

Kelemahan:

1.   Zahir Accounting tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh dan biaya lain dalam akuntansi biaya.

2.   Pada Zahir edisi Flexy Money tidak tersedia fasilitas harga tetap, proyek dan departemen.

3.   Zahir Accounting edisi pendidikan belum mendukung pengeditan (unposting) transaksi penjualan dan pembelian.

4.   Tidak memberikan rekomendasi tentang kebutuhan perangkat yang dibutuhkan serta kompatibel dengan Zahir Pos.

5.   Zahir Pos kurang cepat dan responsif khususnya pada saat menginput transaksi, membuka faktur, menginput produk dan mencetak faktur.

 

            Dengan adanya aplikasi dapat memudahkan kita untuk mengerjakan studi kasus dengan lebih mudah, Manfaat aplikasi akuntansi komputer adalah menghasilkan kemudahan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan dengan akurat, efisien dan cepat. Aplikasi komputer akuntansi juga mampu menghasilkan dan menampilkan data dengan mudah dan cepat, seperti berupa laporan perbedaan beberapa periode. Banyak pula yang memiliki fungsi keamanan yang memadai dengan memberikan fitur berupa password.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s