CABANG CABANG PRODUKSI DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA

Pasal 33 ayat 2 UUD 45 menyebutkan cabang cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai negara. Dari pernyataan ini berarti tidak semua cabang cabang produksi yang dikuasai dan kelola badan usaha milik negara, tetapi negara memberi kesempatan pihak swasta untuk mengelola badan usaha dalam perekonomian indonesia yang tidak dikelola negara.

A.     Pengertian Badan Usaha

Dalam kehidupan sehari-hari kia serin menggunakan istilah badan uassaha dan perusahaan untuk arti dan maksud yang sama. Padahal tidak demikian halnya. Perusahaan berbeda dengan badan usaha. Perusahaan adalan satu kesatuan teknis dan ekonomis tempat terjadinya proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Di sisi lain, badan usaha merupakan lembaga yang memberi payung hukum pada perusahaan yang menjalankan usaha untuk menghasilkan barang dan jasa. Dengan demikian badan uasaha adalah satu kesatuan yuridis (hukum) dan ekonomis tempat pengusaha mengelola faktor-faktor produksi untuk mendapatkan keuntungan .

Perbedaan

Badan Usaha

Perusahaan

Tujuan Mendapatkan keutungan atau laba (profit oriented) . Menghasilkan barang atau jasa (product oriented)
Bentuk PT, CV, Firma atau Koperasi Pabrik, Bengkel, Toko
Fungsi Payung hukum perusahaan beroperasi Alat badan usaha untuk mendapatkan keuntungan/laba

                                                Perbedaan badan usaha dan perusahaan

1. Jenis jenis Badan Usaha Berdasarkan Kegiatan yang Dilakukan

Jenis badan usaha berdasarkan kegiatan yang dilakukan terdiri dari badan usaha agraris, ekstratif, industri perdagangan dan jasa.

1. Badan Usaha Agraris

Badan usaha agraris berproduksi membudayakan alam untuk mengolah barang tertentu sehingga bermanfaat bagi kehidupan manusia.

2. Badan Usaha Ekstraktif

Badan usaha ekstraktif  bergerak dalam mengolah dan mengambil apa yang dihasilkan oleh sumber daya alam sehingga bermanfaat bagi kehidupan manusia.

3.Badan Usaha Industri

Badan usaha industri berusaha meningkatkan nilai ekonomi suatu barang yang meliputi pengolahan bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi yang siap untuk di konsumsi.

4. Badan Usaha Perdagangan

Badan Usaha Perdagangan melakukan aktivitas pembelian dan penjualan suatu barang tanpa mengubah bentuknya dengan maksud untuk  dijual kembali pada pihak lain.

5 Badan Usaha Jasa

Badan usaha jasa aktivitasnya yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat.

2. Jenis-Jenis Badan Usaha Berdasarkan Kepemilikan Modal

A. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Badan usaha milik negara adalah perusahaan yang modalnya dimiliki negara atau pemerintah. Pada umumnya badan usaha ini membidangi kegiatan yang menguasai hajat hidup orang banyak dan memberi pelayanan terhadap masyarakat.

1)      Persero

Sebelum menjadi persero, badan usaha ini dulunya bernama perusahaan negara (PN) karena perkembangan dunia usaha dipandang perlu perusahaan negara mengadakan penambahan modal yang ditawarkan kepada ihak swasta dan masyarakat untuk pengembangan usaha.

2)      Perusahaan Negara Umum (Perum)

Sebagaimana persero, tujuan perum juga mencari keuntungan tetapi kesejahteraan masyarakat tidak boleh diabaikan. Perum diatur dalam Instruksi Presiden RI No. 17 tanggal 18 Desember tahun 1967yang menyatakan bahwa kegiatan usaha dari perum terutama di tunjukan untuk melayani kepentingan umum.

3)      Perusahaan Negara Jawatan (Perjan)

Perusahaan negara jawatan (Perjan) adalah perusahaan milik negara yang ditunjukan untuk melayani kepentingan masyarakat atau kesejahteraan dengan memperhatikan segi efesiensinya.

4)      Perusahaan Daerah (Perda)

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah perusahaan yang didirikan dan dimiliki oleh pemerintah daerah. Kewenangan pemerintah daerah membentuk dan mengelola BUMD ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 2000 tentang kewenangan pemerintah dan kewenangan provinsi sebagai daerah otonom.

b. Badan Usaha Milik Swasta

Badan Usaha milik swasta adalh perusahaan yang modalnya dimiliki oleh swasta badan usaha swasta terbagi atas badan usaha swata dalam negeri dan badan usaha swasta asing.

1)      Perusahaan Perseorangan

Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.

2)      Firma

Firma meruakan suatu persekutuan antara dua orang atau lebih dengan nama bersama untuk menjala usaha. Tanggung jawab masing-masing anggta tidak terbatas, sedangkan laba yang diperoleh bersama-sama.

3)      Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas (PT), dulu disebut juga Naamloze Vennootschap (NV), adalah suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan.

4)      Perseroan Komanditer (CV)

Persekutuan Komanditer (commanditaire vennootschap atau CV) adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.

c. Koperasi

Dalam UU Perkoperasian No. 25 tahun 1992 pasal 1, koperasi diartikan sebagai sebuah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi yang melaksanakan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi.

d. Badan Usaha Campuran

Badan Usaha campran adalah badan usaha yang kepemilikan modalnya oleh negara dan pihak swata. Pembagian hasil keuntunhan berdasarkan modal yang  ditanamkan. Contohnya : PT Pembangunan Jaya, kepemilikan modalnya adalah Pemda DKI dan pihak swasta.

Sumber:

Widodo, Ahmad (2007). Ekonomi untuk SMA dan MA kelas XII. Jakarta: Piranti Darma Kalokatama 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s